tipe tipe jerawat

Acne story journey (Graphic Warning!)

Haloha sistur!
Berasa uda lamaaaaa banget ga cerita-cerita di blog aku ini. Setelah banyaknya review produk dan skincare, akhirnya kali ini aku mau beraniin diri untuk cerita tentang acne story aku selama ini. Sebenernya ini uda pernah aku share di IG Story awal tahun 2020 ini. Tapiii, karena banyak yang masi suka DM dan bahkan beberapa yang kenal aku sekarang sempet ga percaya aku pernah ngalamin muka jerawatan parah dulunya, akhirnya aku mau nulis pengalaman aku di sini aja biar gampang di cari dan gampang di baca sama yang lain hehe 😀

Awal Cerita acne story..

Acne story ini sebenernya uda mulai dari awal aku puber. Tapi, aku sendiri uda ga inget kapan awal jerawatan sampai 1 muka full. Seingatku, dari SMP memang aku uda ada jerawat hormonal di daerah dagu dan hidung. Daerah hidungku dulu super duper berminyak parah. Sampe-sampe, sehari harus blot pake oil paper 2-3x dan dalam 1 kali blot bisa abis 2 paper! Tapi ga sampai jerawatan 1 muka juga sih… Cuma minyakannya aja yang parah.. Berlanjut SMA sampai kuliah, aku ga terlalu bermasalah sih sama jerawat. Cuma ada beberapa jerawat yang muncul dan pergi, tapi ga sampai bikin ga PD atau ganggu aktifitas.. Tapi memang.. setiap aku jerawatan itu, tipe jerawatnya yang besar-besar dan sakitnya bukan main. Jerawat tipe kaya gini disebut Nodule. Atau, ada juga jerawat tipe cyst yang sakitnya ga kalah sama si Nodule. Sama-sama sakit, tapi bedanya, cyst udah ada matanya gitu. Kira-kira illustrasinya kaya gini, sistur..

tipe-tipe jerawat (source : birchbox)

PANIK!

Nah lalu.. Acne story ku dokumentasiin pada tahun 2018, aku mulai ngerasa ada yang ga bener sama mukaku. Jerawatan parah banget hampir 1 muka, dan jerawatnya yang nodule & cyst gitu. Sampe-sampe… aku kalau malem pas tidur salah posisi (muka kena bantal / tengkurep), aku bisa sampe kebangun beberapa kali sangking sakitnya! 😭😭
Dari sana, mulailah aku mendokumentasikan bare face aku untuk bener-bener cari tau kenapa bisa jerawatan parah sampe 1 muka. 😭 Penasaran? Yok kita mulai acne story ku ini!

ACNE JOURNEY START!

kondisi kulit waktu jerawatan hampir 1 muka

Di foto ini, kondisi mukaku uda (agak) mendingan sebenernya.. Sebelumnya aku anti banget sama kaca, apalagi kamera. Terlalu sedih dan minder sama kondisi kulitku saat itu. Tapiiii.. sangking gemes dan sangking keselnya sama kondisi kulit yang kaya gini. Akhirnya 21 maret 2018 aku foto bare faceku. Keliatan disana aku ada beberapa cyst dan nodule di daerah dahi. Keadaan ini diperparah dengan bekas jerawatku yang tipenya merah-merah kaya gini (PIE : Post Inflammatory Erythema), jadi keliatannya kulitku ngeradang banget..

facial dermato
cobain facial jerawat di dermato

Cara pertama yang aku pilih saat itu adalah.. FACIAL! Kenapa? Soalnya saat itu aku uda stress banget ga bisa mikir harus gimana, dan pengetahuan ku tentang skincare pun ga sebanyak sekarang. Jadilah aku pergi ke salah satu klinik kecantikan di Bandung yang uda jadi langganan kakakku sejak lama. Disini, facialnya mostly pakai cara ekstrasi, yaitu jerawat dan komedo di keluarkan secara manual (dipencet) baru di dikasi masker. Rasanya gimana? Tentu aja sakit setengah mati sisturrr.. 😭😭 Aku sampe keluar air mata selama di facial. Tapi ini facial yang menurutku paling efektif untuk jenis kulitku yang super berminyak dan banyak jerawat yang mendem (didalam).

masker charcoal
masker untuk kulit berjerawat

Setelah pengalaman yang dibikin keluar air mata, akhirnya aku rajin maskeran dan perlahan-lahan jerawat aktif yang uda di ekstraksi jadi kering. Kulit aku pun keliatan uda ga terlalu merah-merah dan ga semeradang sebelumnya. Untuk maskernya, aku dulu masi mix match masker charcoal / mud / clay mask dengan sheet mask dan masker peel off. Tapi ternyata, setelah mencoba berbagai macam masker, masker yang paling cocok untuk kulitku adalah : charcoal / mud / clay mask ini! Karena sesuai fungsinya, masker jenis ini bisa menyerap minyak berlebih, membersihkan pori-pori dan juga membuat jerawat lebih cepat kering. Sedangkan masker jenis lain malah bikin muka aku berminyak atau bahkan bruntusan.

Tip: Please hindari peel off mask ya sistur, ternyata masker jenis ini bisa ngerusa skin barrier kalian! Karena cara kerjanya yang “maksa” memangkas kulit bagian atas, masker jenis ini malah punya efek buruk untuk jangka panjang.

Baca reviewku tentang beberapa masker yang aku pake ( lokal produk semua!) : Kleveru , Lacoco , The Soco

Akhirnya nemu penyebab utama acne aku!!

jerawatan acne story
permasalahan kulit acne prone

Nah ini bagian yang paling mind blowing buat aku di acne story ini!!! Cerita dulu sebelumnya.. aku memang suka bermakeup dan cukup rajin skin care-an. Awalnya aku pikir jerawat-jerawat ini muncul karena aku suka gonta ganti skin care (untuk keperluan review) dan karena aku makeup-an almost everyday. Aku sempet puasa ga makeup an selama 1 minggu full, keluar pake topi karena malu, terus jadi males keluar rumah karena males ditanya dan di komentarin, “muka nya kenapa?” “wah, sering makeup an ya jadi jerawatan?” “harus sering ganti sarung bantal biar ga jerawatan” dll dll dll.. Sampe uda males liat muka orang karena pasti hal pertama yang diomongin itu tentang jerawat ku. Grrrr~

Long short story, aku akhirnya coba deh cut cut hal-hal yang uda jadi kebiasaan ku.

  • Puasa makeup : ga ngefek. Jerawat baru tetep dateng.
  • Puasa skincare : aku coba kurangin skin care – skin care yang punya bahan aktif – keliatannya ga terlalu signifikan.
  • Lalu suatu hari aku mulai punya ide untuk ngurangin asupan makanan yang aku sering makan : coklat, manis”, kacang, gorengan, sampai pada akhirnya.. susu! Iya susu! Aku baru sadar setelah coba cut sana-sini.

AKU TUH TIAP HARI KONSUMSI SUSU LOH TERNYATA! Mulai dari bikin kopi susu, minum susu UHT buat di jadiin pengganti sarapan kalau lagi sibuk atau di jalan macet, sampe ke hobby ku yang sukaaaaa banget ganyemin keju batangan. HUFT! Setidaknya aku ketemu deh penyebab jerawat ini.


Susu dan semua produk turunan dairy ternyata adalah musuh utamaku. Aku coba googling tentang hal ini, dan ternyata memang benar, produk dairy bisa bikin produksi minyak lebih banyak (karena ada kandungan fat) dan akan berakibat jerawat pada kulit!

Check this source out! hellosehat.com , wolipop

Efeknya separah apa sih di kulitku? Jadi pernah, waktu aku ke undangan, ada pie buah kecil yang aku comot. karena aku pikir cuma pie buah kecil (ga lebih gede dari 3 jari aku), aku coba lah makan. Nah, karena aku uda menghindari banget produk dairy, aku jadi peka banget sama makanan yang mengandung produk susu dan turunannya ini. Digigitan pertama aku uda tau banget ini ada parutan kejunya di dalam si pie. Saat itu juga aku berenti makan. Selang beberapa jam setelah undangan beres, malemnya muncul jerawat nodule di muka ku. Separah dan se ngefek itu emang sentimen kulitku dan produk dairy ini. 😑

Acne story… Getting better 🥳

Setelah sama sekali ga konsumsi dairy products (susu, keju, yoghurt, dll), akhirnya kulitku jauhhhhh lebih jinak! Aahhaha. Akhirnya acne story ini menemukan titik terangnya💡! Seneng banget pas uda tau ternyata penyebab utamanya makanan. Tinggal dihindari demi kulit glowing! Ga perlu perawatan mahal atau ke klinik tiap bulan, tapi hasilnya lebih nyata dan prosesnya lebih keliatan.

acne story si acne prone skin
cara menyebuhkan jerawat menahun

Aku sekarang uda ga jerawatan lagi.. Kecuali pas lagi PMS atau pola hidup lagi ga bener dan cheating konsumsi dairy products yaa hehe. Sekarang aku bebas mau makeup an atau engga, aku uda jauh lebih confident untuk tampil bare face di online maupun offline. Yay!! Buat kalian para #pejuangjerawat , jangan pantang menyerah ya! Cerita acne story ini cuma 1 dari sekian banyak cerita #pejuangjerawat diluar sana. Masing-masing punya cerita dan cara penyelesaiannya masing-masing.

Yang paling penting adalah cari penyebab utama jerawat kamu. Bukan cari rekomendasi produk atau klinik kecantikan. Listen to your body needs, then thankyou later! 😌

Segini dulu curhat acne story ku, semoga menginspirasi dan menguatkan kalian para #pejuangjerawat diluaran sana!

Stay Fab 😎,

Posts created 251

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas