Kenapa Rambut Rontok? Dan apa solusinya?

Siapa yang ga punya masalah rambut rontok sih? Apalagi yang punya rambut panjang dan sering di styling. Most of us, as a woman, pasti punya masalah menyebalkan ini. Salah satunya, ya aku ini haha. Walaupun rambutku tergolong cukup tebal dan cukup bersih dari ketombe, tapi masalah rontok ini tetep aja ada.

Rontok itu normal ga sih?

Yes, dengan jumlah helai rambut pada orang dewasa, yaitu 100,000 hingga 150,000 helai, jumlah kerontokan rambut antara 50 – 100 helai per hari itu sangat normal. Karena pada dasarnya, rambut kita mengalami masa tumbuh – bertahan – dan gugur / rontok. Sebenernya penyebab rambut rontok itu apa sih?

permasalahan rambut di warna
keadaan rambut aku sehari-hari, cukup panjang dan tebal.

Kebiasaan yang bikin rambut jadi rontok

Salah satu penyebab paling umum pada rambut rontok adalah
Telogen effluvium (TE) atau, keadaan dimana ada perubahan jumlah folikel rambut. Penyebabnya? Ada beberapa:

  • Stres (pada wanita, hal ini bisa berlangsung dalam 6 minggu – 3 bulan jika stres berat)
  • Pasca Operasi
  • Penurunan berat badan yang drastis (kekurangan vit D dan zinc juga bisa menjadi penyebabnya)
  • Pasca melahirkan
  • Demam tinggi
  • dll

Penggunaan alat styling atau pun bahan kimia, juga bisa menjadi penyebab rambut rontok, diantara lain:

  • Penggunaan hair dryer dalam jangka panjang dengan suhu tinggi
  • Penggunaan produk styling dengan suhu tinggi tanpa disertai dengan heat protector
  • Penggunaan cat rambut / bleaching / bahan kimia lain yang terlalu keras, mengakibatkan rambut rapuh dan pecah-pecah
  • dll

Usaha yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rontok

Selama ini, rambutku memang gampang rontok dan jumlahnya juga cukup banyak, walaupun rambutku tebel, tapi setiap ke salon atau nyisir di depan orang lain, pasti ada yang nyeletuk, ” tin, rambutnya rontok yah?” hahaha. Yang awalnya aku chill tentang hal ini, jadi makin aware juga. Beberapa hal yang aku lakukan untuk menjaga akar rambut kuat dan mengurangi rontok adalah simple steps ini:

  • Jarang banget ngeringin rambut pake hair dryer. Kecuali kepepet waktu mau pergi. Aku selalu ngeringin rambutku secara alami (di angin-anginkan).
  • Weekend only for styling tools. Hal ini aku terapkan supaya rambut ga tiap hari kesiksa kena panas.
  • Setiap menggunakan styling tools (hair straightener, curling iron, etc) aku usahain untuk pakai heat protector atau hair serum / hair oil.
rekomendasi untuk rambut rusak
beberapa produk yang selalu aku pakai sebelum pakai styling tools

Produk untuk mengurangi rontok

Kalau uda kepalang rontok, gimana dong tin?
Don’t worry! Aku uda uji coba produk ini dan hasilnya cukup signifikan di aku. So, here’s i show you my hair loss experience since i use this product.

hasil pemakaian ree derma
progress kerontokan rambut setelah 4x pemakaian

So, pake apa nih tin bisa sampe berkurang gitu rambut rontok nya? Jadi, foto diatas di ambil di kamar makeup ku, tempat dimana aku nyisir, styling rambut dan keringin rambut. Di kamar ini pasti banyak rambut rontok yang kalau di kumpulin ya ga sedikit. Ini cuma di 1 kamar aja, kebayang kalau di kumpulin di semua tempat, seberapa banyak rambutku yang rontok? LOL. Sedih liatnya setiap nyapu… Secara rambut itu mahkota nya wanita kan yah..

baca juga sharing aku tentang cat rambut sendiri di : Hair Journey.

Ree Derma HOt Oil
Ree Derma, Brand lokal dengan bahan natural untuk masalah rambut rontok

Sampai akhirnya aku cobain Ree Derma Hot Oil ini. Dengan pemikiran se- simple , ” Ya, ngefek ga ngefek, kita coba aja deh. ” Tapi karena aku anaknya cukup skeptis sama produk “anti-rontok”, akupun mencari tahu tentang produk ini, dan ternyata Ree Derma Hot Oil ini lahir dari pengalaman sang owner yang juga mengalami rontok hebat dan sudah coba berbagai macam cara dan metode untuk mengobati kerontokan rambutnya ini. Sampai dia menemukan bahan-bahan alami yang bisa mengurangi kerontokan dia.

solusi untuk rambut rontok
Hair oil untuk merangsang pertumbuhan rambut

Isi produk ini cukup natural dan unik. Isinya ada Vit A – bisa meregenerasi kerusakan sel, Vit C – melindungi rambut dari efek buruk lingkungan, Vit B6 – membantu menumbuhkan rambut. Dan ada juga Coconut Oil yang bisa menutrisi rambut dan bikin rambut lebih berkilau dan tumbuh lebih panjang.

Cara pakai

  • Pada keadaan rambut kering, teteskan hot oil di area akar rambut secara menyeluruh
  • Pijat-pijat kulit kepala
  • Biarkan selama minimal 1 jam, dan maksimal 8 jam sebelum nantinya di bilas (hot oil juga bisa dipakai di bagian rambut pangkal untuk membuat rambut berkilau)
  • Bilas saat keramas sampai bersih
  • Gunakan Hot Oil 2 hari sekali atau 2-3x dalam seminggu

What i don’t like..

Shampoo organik untuk rambut rontok
Ree Derma Herbal Growth Shampoo

Yes, aku ga suka sama produk ini haha. Berbanding terbalik sama Hot Oil-nya yang aku suka banget dan liat hasilnya. Walaupun setelah aku baca dan teliti, bahan yang digunain cukup mirip, cuma ada beberapa tambahan bahan lain kaya air, castor oil, citric acid, dll, tapi hasilnya beda banget. Ini beberapa foto hasil aku pake shampoo ini.

Solusi rambut rontok dan berminyak
Setelah keramas, rambut malah lebih terasa berminyak dan lengket

Menurut ownernya, shampoo dan hot oil harus di pakai bergantian. Jadi sehari pakai Hot Oil, terus bilas pakai shampoo yang biasa aku pakai, lalu keramas selanjutnya ga perlu pakai Hot Oil, dan bisa langsung keramas pakai Herbal Growth Shampoo ini. BUTTTT……. Aku pakai shampoo ini udah 3x dan selama 3x pemakaian itu selalu insecure dan ga pede sama rambut sendiri. Ahahhaha. Ngerasa lengket dan ga enak buat di pegang. Rasanya terlalu berminyak dan teksturnya pun jadi kasar. I don’t know why, mungkin kandungan produknya yang terlalu melembabkan, jadi over moisturized di rambutku.

rambut berminyak
Rambut yang lengket dan sulit di sisir
Shampoo Ree Derma
Penampakan shampoo herbal tanpa satu pun bahan kimia

Karena shampoo ini bahannya semua alami tanpa ada tambahan Glycerin, yang selalu ada di bahan yang bikin tekstur jadi kental dan juga bebas dari sulfate & paraben, yaitu bahan pengawet. But still, sampai saat ini shampoo ini masih ada dipojokan kamar mandi ku tanpa tersentuh karena ga suka sama efek nya di rambutku. LOL. But my ultimate recommendation goes to Hot Oil and some of my tips i shared before.

Stay Fab guys!,

christin bunady
Instagram : @christin_bun
Posts created 239

2 tanggapan pada “Kenapa Rambut Rontok? Dan apa solusinya?

    1. hihi aku dr awalnya skeptis sampe cinta. tp karena ini untuk pengobatan aja, aku stop waktu rontoknya uda berkurang hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas