The Ordinary Salicylic Acid : Untuk kulit berjerawat

This Salicylic Acid from The Ordinary is a game changer! Bertahun – tahun aku punya kulit berjerawat, dan ini adalah salah satu zat aktif yang berhasil buat jerawat gue menghilang dalam beberapa hari penggunaan. The ordinary ini adalah anak brand Deciem, sebuah perusahaan yang menamakan diri mereka “The abnormal Company”. Dengan harga yang terjangkau dan zat aktif yang dimarketing-in secara jelas dan ga banyak “gimmick”, produk ini sekarang jadi salah satu skin care rutin yang ga pernah kelewatan kalau kulit lagi break out. Here’s my review based on experience using this Salicylic Acid from The Ordinary for days, and really see the actual result. Go check my before after photos!👇

before after salicylic acid the ordinary

Jadi, sudah sekitar setengah tahun aku jerawatan parah di daerah pipi dan dagu, terkadang ada juga muncul di daerah dahi. Which is almost 75% of my entire face, i know. It’s so terrible, sampe gue males banget liat diri sendiri dikaca. Keluar rumah tanpa makeup pun jadi BIG NO NO buat gue. Uda pake makeup aja masih keliatan jerawatan, gimana kalau engga? Jerawat ini bukan jerawat cilik-cilik yang bisa dengan santai ditutup pakei concealer. Ini adalah jerawat nightmare. Dimana dia muncul tiba-tiba tanpa sebab, besar, bermata, kemerahan, gede dan kalau kesenggol sakitnya keterlaluan. Pernah ngalamin? Hello! We are in the same boat! Sebelumnya, gue jelasin dulu produk ini yah. 

ingridients salicylic acid the ordinary

 

So, Salicylic Acid atau (asam salisilat) adalah suatu agen keratolitik atau sering disebut peeling agent yang digunakan dalam pengelupasan sel kulit mati. Di dalam botol kaca dengan isi 30 ml ini, ada 1 bahan aktif lainnya, yaitu Witch Hazel. Bahan ini adalah ekstrak dari bunga Hamamelis Virginiana yang punya segudang manfaat. Antara lain:

  • Mengurangi jerawat
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mengencangkan kulit
  • Melindungi kulit dari sinar matahari
  • Mengurangi rasa gatal
  • Menyeimbangkan produksi minyak wajah
  • Etc

Basicly, zat Salicylic Acid akan bikin jerawat mengering dan mengelupas, sedangkan Witch Hazwl akan bantu kulit jadi less dry & less itchy (karena efek pengelupasan). What a great combo, right! 👌

 

 

 

Nah, ini adalah keterangan resmi dari Beautylish mengenai produk ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

the ordinary untuk berjerawat the ordinary salicylic acid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari teksturnya, seperti yang terlihat di foto, tekturnya sedikit mirip snail mucin (lendir siput). Sedikit sticky, berwarna bening, tidak berbau, dan tidak terlalu cepat menyerap ke kulit. TIP: Selalu aplikasikan tipis-tipis produk ke bagian kulit yang membutuhkan. A little goes a long way~. Okay, now let’s jump to the Before After picture and see the result!

⛔⛔⛔WARNING: GRAPHIC CONTENT⛔⛔⛔

P.S: I DON’T HAVE A PERFECT SKIN, STILL WORKING ON IT. SO PLEASE SUPPORT ^^

before after salicylic acid the ordinary
using only Salicylic Acid as my spot treatment. And see the result!

Let say di hari ke-0 gue baru aja pakai produk ini di jerawat dahi yang super gede dan gengges. As you can see, jerawatnya besar dan ada “matanya”. So, aku mulai spot treatment (totolin didaerah yang ada jerawatnya aja), sehari 2x. Pagi setelah cuci muka, dan malam setelah cuci muka juga. Hasilnya? Dalam 7 hari, jerawat itu hilang dan ninggalin bekas yang cukup wajar. Proses mengelupasnya gimana nih? See the next photos i take from my cheek acnes.

before after salicylic acid the ordinary
Proses penggunaan Salicylic Acid The Ordinary pada jerawat

Di hari ke – 0 sebenernya gue ga punya jerawat yang banyak atau besar di daerah pipi dekat hidung ini. Cuma ada white head keci;-kecil berkumpul. Karena gue rasa itu termasuk salah satu potensi jerawat, jadilah gue olesin juga si Salicylic Acid ini. Dan besoknya, gue shock se-shock-shocknya. Gimana engga? Itu white head kecil-kecil malah membesar, jadi kekuningan dan kemerahan! Mulailah gue browsing mendalam tentang si produk ini. Dan ketemulah banyak review orang yang bilang memang prosesnya berbeda tiap orang, ada yang jadi “purging” kaya gue ini, atau yang langsung ke proses pengelupasan atau peeling.

Tapi seperti foto yang gue ambil diatas, sehari demi sehari jerawat ini mengering dan membaik. Semua mengelupas dengan baik dan niggalin bekas kemerahan yang menurut gue masih cukup wajar. TIP: selama proses ini, gue menghindari foundation atau concealer. Please avoid using this. Karena kita ga tau saat proses ini terjadi, ada luka kecil atau engga. Jangan sampai nanti malah makin infeksi karena terkontaminasi makeup atau produk lain. Please don’t~ 😫

Contoh lainnya? Ada. Jerawat di pipi gue. Here’s the proof.

before after salicylic acid the ordinary

Yang ini cukup lama sembuhnya. Ga tau kenapa, maybe karena tadinya ga terlalu besar, biasanya jerawat kaya gini memang lebih lama buat sembuh. But hey, walaupun takes time, hasilnya tetep oke kan? Bahkan merah-merah yang biasa ditinggalin sama jerawatnya, sekarang malah ga ada!

Ini adalah masa-masa terburuk kulit wajah gue. Satu muka penuh dengan bekas jerawat dan jerawat itu sendiri yang ga berhenti dateng dan pergi. It takes time, kalau kalian perhatiin, foto pertama diambil 16 Feb, dan gue baru berani nulis review ini bulan Juni. Which is aku coba liat lagi kondisi kulitku setelah berbulan-bulan pakai produk ini. Ga semudah itu nemuin produk yang cocok dan bisa dipakai jangka panjang.

Baca juga produk spot treatment yang works di kulit ku versi lokal brand : Dermaluz

But once i found one, i will sure share with you, acne fighter! 💪😉

Sekarang gimana kondisi kulitnya?

Pertanyaan ini pasti ada dipikiran kalian saat ini, but wait. Gue ga mau share dulu, bukan karena pelit ilmu or experience. No. Gue justru mau bener-bener healed my skin dulu sampai cling. Once uda cling, dan aku tau penyebab dan solusi dari setiap perjerawatan ini, gue pasti langsung share. 😉 FYI, untuk saat ini gue uda ga pernah jerawatan gede lagi. Kalau munucl pun cuma white head kecil-kecil yang muncul 2-3 hari paling lama. Sisanya tinggal bekas jerawat kemerahan or coklat muda yang lagi berusaha gue pudarin. So, wish me luck, acne fighter! 🤞 hehe

Buat yang penasaran, gue suka sharing via insta story di IG gue : @christin_bun . Tentang skin routine, produk yang lagi disuka banget, atau kebiasaan-kebiasaan lain untuk menghindari jerawat.

the ordinary salicylic acid

 

 

OTHER INFORMATION:

WHERE TO BUY? 🛒

✨ online shop, i got mine from Shopee (check Beautyhaulindo / My House of Makeup

PRICE? 💰

✨ 139-150K

HOW TO USE? 📝

✨ Bisa dipakai pagi / malam

✨ Selalu pakai sunblock setelah pakai produk ini (produk peeling bikin kulit sensitif sama matahari, so make sure to protect your skin with a good sunscreen!, min SPF30)

✨ I prefer do only a spot treatment, because it’s an active ingredients, and i don’t want to damage my skin barrier, so i just use a tiny amout of products into my acne.

✨ Don’t over exfoliate! Intinya, karena ini sifatnya uda peeling, so using another exfoliate products will ruin your skin. Jadi jangan pakai scrub, atau produk yang mengandung AHA / BHA lagi yah. 😉

 

Okay, i think it’s enough for today. I wish this article is useful for you! 

XOXO,

Posts created 207

2 tanggapan pada “The Ordinary Salicylic Acid : Untuk kulit berjerawat

  1. iya ini aku baca jangan diaplikasiin semuka di totol di yang jerawat aja.
    aku mau coba ini masih maju mundur ci, pengalaman sama beberapa produk bha yang kadarnya lumayan hasilnya buruk 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas